JOMBANGKAB, Kominfo – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jombang menggelar Penganugerahan Festival Film Pendek Jombang dengan tema “Terkait dengan budaya, sejarah maupun potensi wisata yang ada di kabupaten Jombang” dan lomba poster dengan tema “Pluralisme dan kebhinekaan”. Dihadiri Bupati Jombang, Sekretaris Daerah, Perwakilan Polres dan Kodim, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dan Undangan yang hadir. Bertempat di Pendopo Kabupaten Jombang. Jumat Malam (27/9/2019)

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan agenda bulan berkunjung ke kabupaten Jombang dapat memberikan penganugerahan pemenang festival film pendek dan lomba poster serta peringatan HUT proklamasi kemerdekaan RI ke 74. Malam ini juga diputar film pendek karya pemuda-pemuda kabupaten Jombang dan penampilan poster, sehingga dapat diketahui bahwa masyarakat Jombang memiliki kreativitas yang tinggi dan merupakan bentuk inovasi yang menunjukkan bahwa semua komplit ada di kabupaten Jombang. 

“Pada bulan Oktober akan diselenggarakan hari santri dengan membuat pawai budaya santri. Seluruh rangkaian kegiatan yang ada diharapkan dapat memakmurkan masyarakat kabupaten Jombang. Kami berharap dengan tampilan yang baru ini kedepan akan lebih meriah lagi dan dengan adanya festival film pendek dan lomba poster digital pemenangnya tidak hanya diberikan penghargaan dan hadiah uang saja, tetapi dari Kominfo nantinya membuat sebuah program peningkatan dengan seminar atau lokakarya untuk membuat karya yang baik, sehingga dapat berlanjut dengan binaan agar seniman dapat berkreasi dan berinovasi yang dimiliki oleh kabupaten Jombang,” harapnya.

Bupati sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan tersebut bukan hanya menampilkan hiburan semata, tetapi juga memberikan peningkatan imajinasi kepada generasi muda agar lebih maju dan kaum milenial yang bermutu dan semakin baik untuk semakin berkarakter dan berdaya saing. Bukan hanya tingkat kabupaten Jombang, tetapi se Jawa Timur yang nantinya bersamaan dengan hari jadi pemerintah kabupaten Jombang sebagai salah satu kebanggaan kabupaten Jombang. Peserta film pendek diharapkan agar nantinya saling bekerjasama untuk membuat film dokumenter yang dapat dibawa ke daerah, desa dan kecamatan sebagai tayangan hiburan karena adanya festival dan lomba akan nampak potensi yang ada di kabupaten Jombang sangat luar biasa dan meningkatkan kualitas, serta kreativitas putra-putri terbaik Jombang, jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo kabupaten Jombang Budi Winarno mengatakan penganugerahan festival film pendek Jombang dan lomba poster dilaksanakan mulai dari pendaftaran sampai dengan pengumuman dari tanggal 1 April sampai dengan 30 Juni 2019 dilanjutkan dengan proses seleksi dan pengumuman pemenang pada tanggal 15 Agustus 2019. Untuk festival film pendek dari 15 peserta yang mendaftar, dipilih 6 karya terbaik dengan juara I, II dan III, serta harapan I, II dan III, Sedangkan untuk karya poster, dari 47 hasil karya yang mendaftar dipilih 5 karya terbaik dan 10 karya favorit.

“Tujuannya untuk menggali potensi, minat dan bakat dalam pembuatan karya seni dalam bentuk film maupun poster, serta memberikan ruang pada seluruh lapisan masyarakat untuk mengembangkan ide-ide kreativitas terhadap setiap kondisi dan situasi disekitarnya untuk diaktualisasikan dalam sebuah karya seni. Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk membentuk embrio para kreator-kreator film maupun poster yang mampu menghasilkan karya yang bermanfaat untuk media publikasi potensi maupun culture budaya masyarakat di kabupaten Jombang, disamping itu juga sebagai bentuk media literasi kepada pelajar dan masyarakat agar mampu menggunakan media audio visual kearah yang lebih positif, serta memberikan ajang untuk menyalurkan aspirasi, kreasi dan imajinasi positif, sekaligus pengalih munculnya potensi negatif, juga untuk mempromosikan kabupaten Jombang sebagai daerah tujuan wisata industri maupun pendidikan dan mendorong masyarakat untuk mencintai kabupaten Jombang,” pungkasnya.(*)

Katagori

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *